Petunjuk Mengonsumsi Obat untuk Diare yang Tepat dan Aman

Oleh Roby Rizki

Petunjuk Mengonsumsi Obat untuk Diare yang Tepat dan Aman

Untuk segera mengatasi diare, Anda membutuhkan bantuan obat yang dapat membantu mengurangi gejala. Tak hanya membantu meringankan nyeri atau mengurangi frekuensi buang air besar, obat-obatan dapat membantu tubuh kembali pulih. Obat bisa menghilangkan bakteri atau virus penyebab diare di dalam saluran cerna. Sebagian besar obat diare mudah didapatkan di apotek terdekat. Dengan alasan itu pula, Anda perlu memperhatikan cara pemakaian obat agar tetap aman.

Apa saja jenis obat untuk diare?

Anda dapat membeli beberapa jenis obat diare tanpa resep dokter di apotek. Obat yang biasa disebut antidiare berikut ini dapat membantu Anda merasa lebih baik dengan mengurangi gejala diare.

Absorbent 

Contohnya adalah  Entrostop, mengandung attapulgite dan pectin yang berguna untuk mengatasi diare dan gejalanya. Kandungan ini bekerja secara bersamaan untuk menyerap racun dan bakteri penyebab diare agar dapat dikeluarkan melalui feses yang sudah lebih padat.

Loperamide

Obat untuk diare yang bekerja dengan cara memperlambat perjalanan makanan dalam saluran pencernaan sehingga tubuh dapat menyerap lebih banyak cairan. Akibatnya, diare akan berkurang dan feses jadi lebih padat. Obat ini bisa didapatkan dengan resep dokter

Bismuth subsalicylate

Berfungsi untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh mengalir melalui usus, mengurangi peradangan, dan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus penyebab diare.

Antibiotik

Antibiotik digunakan hanya untuk diare yang disebabkan infeksi bakteri. Obat ini dapat menurunkan durasi gejala diare yang disebabkan parasit tertentu. Obat ini bisa didapatkan dengan resep dokter.

Masing-masing obat tersebut memiliki manfaat yang berbeda untuk mengatasi diare. Oleh karena itu, Anda seringkali perlu menyesuaikan jenis obat yang tepat sesuai kebutuhan.

Bagaimana aturan pakai obat diare yang tepat?

Untuk obat yang dijual bebas di apotek, penting untuk selalu membaca panduan pemakaian pada bagian kemasan. Hal ini akan membantu Anda mengetahui dosis dari obat diare. Jika Anda memiliki pertanyaan, sebaiknya tanyakan pada apoteker.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi obat diare:

  • Minum obat dalam jumlah seperti yang direkomendasikan dalam label. Jangan berasumsi bahwa lebih banyak obat yang diminum berarti obat akan bekerja lebih cepat. Melebihi batas rekomendasi bisa jadi berbahaya.
  • Jika Anda sedang menjalani pengobatan dari dokter, tanyakan apakah aman untuk meminum obat OTC (apotek).
  • Jangan minum lebih dari satu obat antidiare OTC secara bersamaan kecuali mendapat izin dari dokter. Beberapa obat mungkin memiliki kandungan yang serupa sehingga mungkin menyebabkan efek samping.
  • Jangan sembarangan minum antibiotik, obat jenis ini tidak akan bisa mengatasi diare yang disebabkan oleh virus. Jika digunakan sendiri tanpa rasionalitas yang baik akan merugikan diri sendiri dan masyarakat, karena memicu resistensi antibiotik. Namun jika dokter menganjurkan berarti dibutuhkan.

Lalu, untuk aturan pemakaian Entrostop, anak yang berusia di atas 6 tahun sudah bisa mengonsumsi obat ini asalkan sanggup meminum obat tablet.

  • Anak 6-12 tahun direkomendasikan untuk minum satu tablet setiap selesai buang air besar dengan jumlah maksimum 6 tablet dalam kurun waktu 24 jam.
  • Anak berusia di atas 12 tahun dan dewasa direkomendasikan untuk minum 2 tablet setiap selesai buang air besar dengan jumlah maksimum 12 tablet dalam kurun waktu 24 jam.

Semua obat yang telah disebutkan di atas dapat membantu mengatasi diare asalkan dikonsumsi secara teratur dan mengikuti panduang pemakaian. Sebagai tambahan, simpan semua obat-obatan jauh dari jangkauan anak-anak dan di tempat kering dan sejuk.

Apabila Anda kurang familiar dengan beberapa jenis obat di atas, pilih saja Entrostop yang sudah lama membantu melindungi keluarga Indonesia dari diare. Entrostop tersedia dalam kemasan isi 12 tablet yang aman untuk seluruh anggota keluarga. Segera dapatkan ahlinya obat diare Entrostop di apotek terdekat!

 

 

Sumber:

familydoctor.org editorial staff. (2018, March 19). Anti-diarrheal Medicines: OTC Relief for Diarrhea – familydoctor.org. Retrieved February 24, 2020, from familydoctor.org website: https://familydoctor.org/antidiarrheal-medicines-otc-relief-for-diarrhea/

NHS Choices. (2019). Loperamide (including Imodium). Retrieved February 24, 2020, from https://www.nhs.uk/medicines/loperamide/

How to stop diarrhea – any medicine or remedy suggestions? (n.d.). Retrieved February 24, 2020, from Drugs.com website: https://www.drugs.com/medical-answers/stop-diarrhea-medicine-remedy-suggestions-3179525/

Drugs & Medications. (n.d.). Retrieved February 24, 2020, from www.webmd.com website: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-56333/anti-diarrhea-oral/details

Diarrhea Treatment, Symptoms, Causes & Home Remedies. (n.d.). Retrieved February 24, 2020, from eMedicineHealth website: https://www.emedicinehealth.com/diarrhea/article_em.htm#what_is_the_prognosis_for_severe_diarrhea