Perut Mulas Terus Menerus? Mungkin Ini Penyebabnya

Oleh Manda

Perut Mulas Terus Menerus? Mungkin Ini Penyebabnya

Rasa mulas yang menyerang membuat Anda menghentikan pekerjaan sejenak. Ada beragam penyebab perut mulas terus menerus. Biasanya ada gejala tertentu yang menyertainya, sehingga Anda dapat mengidentifikasi penyebabnya.

Penyebab perut mulas terus menerus

Mulas pada perut biasanya disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan. Kondisi ini biasanya dapat berangsur pulih setelah beberapa hari dengan konsumsi obat dan istirahat cukup. Namun, ada penyebab tertentu yang menimbulkan mulas terus menerus pada perut Anda.

Berikut beberapa penyebab umum perut bisa terasa mulas.

1. Maag

Alasan yang mungkin jadi penyebab perut terasa mulas terus menerus adalah sakit maag. Ada beberapa gejala khusus yang ditimbulkan pada sakit maag, seperti di bawah ini:

 

  • Heartburn

 

  • Perut kembung
  • Mual
  • Bersendawa dan kentut
  • Makanan di perut kembali naik ke atas

Sakit maag biasanya disebabkan pola makan yang tidak teratur, misalnya telat makan, makan terlalu banyak atau sedikit, dan konsumsi makanan terlalu pedas atau asam. Selain itu, kurang tidur dan terlalu banyak konsumsi kafein juga dapat memicu sakit maag.

Namun, sakit maag bisa diredakan dengan obat khusus sakit maag yang mengandung antasida yang mampu meredam gejala sakit maag. Di samping itu, mengembalikan pola makan normal, serta menjauhi asupan pemicu sakit maag direkomendasikan untuk memulihkan kondisi.

2. Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan gangguan yang terjadi pada usus besar. Kondisi ini biasanya terjadi pada sebagian kecil orang. IBS bisa jadi penyebab perut mulas terus menerus. Untuk mengetahui kondisi tersebut, dokter perlu melakukan diagnosa melalui prosedur medis.

Gejala yang timbul di antaranya:

  • Mulas, kembung, dan sakit perut. Biasanya gejala ini hilang setelah BAB.
  • Perut penuh gas
  • Diare atau konstipasi (susah BAB)
  • Ada lendir pada feses

Penyebab IBS biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Lemahnya kontraksi otot usus halus 
  • Abnormalitas kerja sistem saraf pada sistem pencernaan
  • Peradangan pada sistem pencernaan
  • Infeksi pada sistem pencernaan
  • Ketidakseimbangan bakteri pada sistem pencernaan

Berdasarkan jurnal Australian Prescriber, kondisi IBS ini dapat diatasi dengan rekomendasi medis dari dokter, mulai dari pengelolaan gaya hidup, pengobatan dan terapi psikologis tertentu untuk bantu mengontrol gejala.

3. Diare

Diare juga bisa menjadi penyebab perut mulas terus menerus. Diare biasanya disebabkan oleh kuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan dan mengiritasi dinding usus. Kuman biasanya berupa bakteri, virus, atau parasit.

Gejala diare mudah diidentifikasi melalui beberapa hal berikut:

  • Tekstur BAB cair (lebih dari 70 persen berupa air
  • Frekuensi BAB lebih dari tiga kali sehari
  • Sakit atau perut mulas
  • Demam
  • Kembung
  • Mual
  • Terdapat darah pada feses, dalam kasus serius

Bila tak ditangani, diare bisa menyebabkan dehidrasi dan mengganggu kerja organ lainnya. Pasalnya, diare menguras banyak cairan yang dibutuhkan di dalam tubuh. Maka itu, pastikan untuk mengonsumsi cairan elektrolit dan banyak minum air mineral agar ada cairan pengganti.

Jika timbul gejala diare, sebaiknya Anda segera minum obat diare. Minum obat dengan kandungan attapulgite dan pectin, sehingga diare bisa tuntas hingga ke akarnya. Kedua kandungan aktif tersebut bekerja dengan menyerap dan membuang racun melalui BAB, serta meredakan gejalanya.

Anda bisa memilih Entrostop karena memiliki kandungan attapulgite dan pectin yang mampu mengatasi diare secara cepat.

Namun, bila Anda menemukan gejala dehidrasi saat diare, lebih baik periksakan ke dokter segera sebelum gejala berkembang dan berdampak pada organ tubuh lainnya.

4. Sembelit

Sembelit atau susah BAB adalah penyebab lainnya perut terasa mulas terus menerus. Umumnya, sembelit dipicu oleh kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat. Misalnya, kurang makan serat, tidak aktif bergerak, sering menahan BAB, maupun tidak minum banyak air mineral.

Sembelit ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Frekuensi BAB kurang dari tiga kali dalam setiap minggu
  • BAB keras dan besar daripada biasanya, sehingga sulit dikeluarkan
  • Tekstur feses cenderung kering
  • Perut mulas dan terasa penuh

Bila menemukan gejala sembelit, segera minum obat pencahar untuk bantu melancarkan BAB. Perlahan, obat akan memperbaiki pola BAB dan tekstur feses. 

Nah, jika sudah sembuh jangan lupa untuk membiasakan gaya hidup sehat. Terutama konsumsi serat, minum banyak air, serta aktif bergerak. Dengan begitu, kesehatan pencernaan pun senantiasa terjaga.

5. Perut kembung

Perut kembung juga disinyalir penyebab timbulnya mulas terus menerus. Kondisi ini cenderung ringan dan sangat umum terjadi. Biasanya, Anda akan buang angin lebih sering dibandingkan biasanya dan mengeluarkan aroma tidak sedap. 

Pada kondisi normal, seseorang biasanya buang angin sekitar 5 sampai 15 kali dalam setiap hari. Perut kembung disebabkan banyak udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Ini bisa terjadi saat Anda makan atau minum dengan cepat, merokok, dan mengunyah permen karet.

Sebagian makanan juga bisa memicu perut kembung, karena sulit dicerna pada usus halus langsung menuju ke usus besar. Di usus besar, makanan dipecah. Sehingga pada prosesnya menghasilkan karbon dioksida, hidrogen, dan gas metana. Inilah yang menyebabkan perut kembung dan mulas.

Namun, kondisi perut kembung bisa saja terjadi karena gejala sistem pencernaan lainnya. Bila Anda menemukan gejala yang mengganggu, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, masalah pencernaan dapat teratasi dengan tuntas.

 

Referensi:

Stomach ache . (2017). Retrieved 28 July 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ache/

Constipation . (2017). Retrieved 28 July 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/constipation/

Indigestion . (2017). Retrieved 28 July 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/indigestion/

Farting (flatulence) . (2017). Retrieved 28 July 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/flatulence/

Diarrhea – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 28 July 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diarrhea/symptoms-causes/syc-20352241

staff, f. (2018). What Causes Indigestion (Dyspepsia)? – Symptoms | familydoctor.org. Retrieved 28 July 2020, from https://familydoctor.org/condition/indigestion-dyspepsia/

Gas in the Digestive Tract. (2020). Retrieved 28 July 2020, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/gas-in-the-digestive-tract

Basnayake, C. (2018). Treatment of irritable bowel syndrome. Australian Prescriber, 41(5), 145-149. doi: 10.18773/austprescr.2018.044

Brucker, M., & King, T. (2017). Pharmacology for women’s health. Burlington, MA: Jones & Bartlett Learning.

L, X., W, Y., J, J., X, F., & N, L. (2015). [Efficacy of pectin in the treatment of diarrhea predominant irritable bowel syndrome]. Zhonghua Wei Chang Wai Ke Za Zhi = Chinese Journal Of Gastrointestinal Surgery, 18(3). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25809332/