Tips Memulihkan Diare di Rumah

Oleh Amanda

Tips Memulihkan Diare di Rumah

Diare membuat perut jadi mulas dan bolak-balik ke toilet untuk buang air besar (BAB), sehingga Anda tak bisa leluasa beraktivitas. Masalah sistem pencernaan ini perlu segera diatasi supaya tidak menimbulkan dampak lainnya, seperti dehidrasi. Ada beberapa cara pengobatan diare yang bisa Anda lakukan di rumah.

Pengobatan diare yang mudah dilakukan di rumah

Semua orang pasti pernah mengalami diare dalam hidupnya. Diare bisa terjadi di mana dan kapan pun. Maka itu, Anda perlu tanggap mengatasi gejala yang muncul.

Gejala diare yang umum adalah adanya frekuensi BAB yang meningkat (lebih dari tiga kali sehari), konsistensi feses cair (lebih dari 70 persen air), dan jumlahnya banyak. Semua ini dapat dikarenakan bakteri mulai “menjajah” kesehatan sistem pencernaan. Bila sudah timbul gejala, segera lakukan pengobatan rumahan agar kondisi kesehatan kembali pulih.

1. Minum obat diare

Pengobatan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diare adalah dengan minum obat diare. Jangan tunda lagi, tuntaskan diare dengan Entrostop. Obat ini memiliki kandungan aktif pectin dan attapulgite yang mampu mengatasi diare dan gejalanya, seperti perut mulas dan kembung.

Entrostop yang bekerja dengan menyerap kuman atau virus, mengeluarkan, serta menghentikan diare. Jangan lupa baca aturan pakai obat diare. Untuk orang dewasa, cukup konsumsi dua tablet setiap selesai BAB, maksimum 12 tablet per 24 jam.

Selalu sedia obat diare kapan dan di mana saja, sebagai pertolongan pertama mengatasi diare.

2. Minum banyak

Dalam kondisi diare, tubuh mengeluarkan banyak cairan saat BAB. Semakin sering buang air, semakin tinggi risiko dehidrasi. Meskipun frekuensi BAB sulit dikendalikan saat diare, Anda perlu antisipasi dengan minum banyak air putih agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Minum banyak air mineral bisa jadi satu cara pengobatan diare yang wajib diterapkan. Karena banyak cairan yang berkurang, Anda perlu cara agar keseimbangan cairan tubuh terjaga dengan baik. Cairan dalam tubuh mendukung sistem organ tubuh bekerja dengan baik. Maka itu, cukupi kebutuhan mineral tubuh minimal 2 liter atau 8 gelas air mineral setiap harinya.

Selain air mineral, tambahan cairan juga bisa diperoleh dari buah-buahan. Buah dan sayur mengandung beragam elektrolit, seperti natrium, kalsium potassium, klorida, fosfat, dan magnesium. Pilihan buah yang bisa dikonsumsi, antara lain:

  • Melon
  • Apel (bisa dibuatkan dalam bentuk bubur)
  • Mangga
  • Semangka
  • Pisang

Buah-buahan ini bisa dikonsumsi juga dalam bentuk jus. Namun, sebelumnya pastikan buah-buahan ini dicuci dengan bersih untuk menghindari kontaminasi bakteri.

3. Makan makanan berkuah

Sebagai pengobatan diare di rumah, Anda bisa mengonsumsi makanan berkuah seperti sup ayam atau kaldu. Makanan berkuah selalu jadi menu andalan saat sakit. Konsumsi makanan berkuah saat diare dapat mendukung kebutuhan cairan tubuh.

Di samping itu, natrium atau garam dalam sup atau kaldu ayam bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jadi, selalu sediakan sup ketika Anda atau anggota keluarga ada yang sedang diare agar pemulihannya terbantu.

4. Istirahat cukup

Tidur atau istirahat yang cukup tak bisa dianggap sepele, karena hal ini jadi bagian penting dalam pemulihan. Istirahat cukup merupakan pengobatan natural yang murah untuk semua penyakit termasuk diare.

Saat tidur, tubuh memperbaiki jaringan atau sel yang rusak. Tubuh mengaktifkan sitokin untuk bekerja melawan infeksi dan peradangan. Sitokin merupakan protein yang dilepas sebagai reaksi sistem imun dalam melawan penyakit.

Ketika tidur lelap, berarti Anda memberikan waktu efektif bagi tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Maka, saat sakit biarkan tubuh tetap beristirahat dan jangan memaksakan diri. Jangan lupa untuk mengoptimalkan waktu tidur, setidaknya delapan jam setiap malamnya.

5. Konsumsi oralit

Pengobatan diare selanjutnya adalah dengan minum oralit. Oralit merupakan cairan yang mengandung gula dan garam, guna menggantikan cairan yang hilang. Dalam kondisi diare tanpa dehidrasi, minum oralit 200-400 ml setiap kali mencret.

Oralit bisa diperoleh di apotek terdekat. Namun, oralit bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan 1 gelas air minum matang dan bersih, gula pasir 1 sendok teh, serta seujung sendok teh garam.

Selain menjaga asupan cairan dengan air putih dan konsumsi makanan berkuah, jangan lupa tambahkan oralit agar kebutuhan cairan terjaga.

Terapkan lima langkah di atas ketika timbul gejala diare. Jangan lupa untuk mengganti cairan yang telah hilang dalam tubuh sebagai pemulihan diare, serta mencegah terjadinya risiko dehidrasi.

 

Referensi:

Diarrhea – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diarrhea/diagnosis-treatment/drc-20352246

Cancer: Home Treatment for Diarrhea | Michigan Medicine. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://www.uofmhealth.org/health-library/tv3875spec

Diarrhea Fact Sheet – Rehydration Project. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://rehydrate.org/diarrhoea/fact-sheet.htm

Boost Your Health with Better Sleep – Sleep Foundation. (2018). Retrieved 6 July 2020, from https://www.sleepfoundation.org/articles/how-sleep-affects-your-immunity

Fluid and Electrolyte Balance: MedlinePlus. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://medlineplus.gov/fluidandelectrolytebalance.html

Eating Hints to Help with Diarrhea. Retrieved 6 July 2020, from https://www.uwhealth.org/healthfacts/nutrition/323.pdf

Oral Rehydration Solutions ORS Made at Home – Rehydration Project. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://rehydrate.org/solutions/homemade.htm

ORAL REHYDRATION SALTS = ORS – Essential drugs. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://medicalguidelines.msf.org/viewport/EssDr/english/oral-rehydration-salts-ors-16684387.html

L, X., W, Y., J, J., X, F., & N, L. (2015). [Efficacy of Pectin in the Treatment of Diarrhea Predominant Irritable Bowel Syndrome]. Zhonghua Wei Chang Wai Ke Za Zhi = Chinese Journal Of Gastrointestinal Surgery, 18(3). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25809332/

PMC, E. (2020). Europe PMC. Retrieved 6 July 2020, from https://europepmc.org/article/med/7657965

Determinants of Decreased Fecal Consistency in Patients with Diarrhea. (2020). Retrieved 23 July 2020, from https://www.gastrojournal.org/article/0016-5085(95)90134-5/pdf