Bagaimana Peranan Oralit dalam Pemulihan Diare?

Oleh Roby

Bagaimana Peranan Oralit dalam Pemulihan Diare?

Mengingat salah satu gejala diare adalah keluarnya cairan dalam tubuh yang berlebih ketika BAB, penting bagi penderita untuk mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang. Agar kadar cairan dalam tubuh dapat segera kembali normal, salah satu caranya adalah dengan minum larutan oralit.

Namun, bagaimana sebenarnya oralit bekerja dalam tubuh sehingga bisa mengatasi diare? Temukan penjelasannya di bawah ini.

Apa itu oralit dan bagaimana cara kerjanya?

Oralit (Oral Rehydration Solutions) digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang diakibatkan oleh diare. Tak seperti cairan lainnya, larutan ini mengandung rasio bahan-bahan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk segera pulih dari penyakit diare.

Oralit pada kenyataannya tidak menghentikan diare secara langsung, tetapi menggantikan cairan tubuh. Ini penting untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi serta mengurangi bahaya yang ditimbulkan.

Larutan oralit sebagian besar memiliki tiga kandungan, yaitu:

  1. Air bersih yang telah direbus atau melalui proses disinfeksi ataupun air dalam kemasan.
  2. Elektrolit (atau garam) yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal.
  3. Karbohidrat, biasanya dalam bentuk gula.

Kandungan glukosa (sejenis gula) membantu usus menyerap cairan dan garam lebih efektif sehingga 90-95% pasien yang mengalami diare dapat terbantu oleh larutan satu ini.

Fakta mengenai manfaat dari oralit

Mungkin selama ini Anda mengonsumsi oralit tanpa tahu bagaimana cara kerja dan fungsi sebenarnya. Wajar saja, larutan pengganti cairan tubuh ini sudah sejak dulu digunakan dan menjadi salah satu pengobatan yang ampuh.

Dikutip dari Ourworldindata.org, berikut beberapa fakta tentang oralit yang perlu Anda ketahui:

  • Dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah anak yang meninggal karena penyakit diare menurun hingga 2/3-nya sejak tahun 1990.
  • Campuran air, gula, dan garam ini diperkirakan telah menyelamatkan hampir 70 juta nyawa setelah diperkenalkan pada tahun 1970.
  • Meningkatkan penggunaan oralit secara global berpotensi lebih banyak menyelamatkan nyawa.

Cara menyiapkan dan minum ORS yang dianjurkan

Terdapat oralit yang sudah siap pakai yang tinggal diseduh dengan air dan banyak dijual di apotek. Di sisi lain, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Jika memilih jenis yang siap pakai, selalu baca aturan pakai dan dosis yang dianjurkan. WHO sendiri merekomendasikan jumlah oralit yang aman dikonsumsi sesuai usia, di antaranya:

  • Anak di bawah 2 tahun: 50-100 mL (1/4 hingga 1/2 gelas) setiap selesai BAB
  • Anak usia 2-9 tahun: 100-200 mL (1/2 hingga 1 gelas) setiap selesai BAB
  • Usia 10 tahun ke atas (dewasa): Sebanyak yang dibutuhkan, rata-rata bisa mencapai 2 liter (8 1/2 gelas) per hari.

Apabila ingin membuat atau menyiapkan oralit sendiri di rumah, ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan air bersih dan sabun
  • Siapkan gelas atau wadah bersih untuk mencampur bahan
  • Air minum matang dan bersih 1 gelas
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam seujung sendok teh
  • Aduk hingga garam dan gula larut

Penderita diare perlu sering-sering minum larutan ini hingga tidak merasa haus. Jika muntah, tunggu jeda selama 10 menit.

Anda dapat mencampur larutan gula dan garam ini, misalnya, dengan jus jeruk agar lebih mudah diminum. Apabila diare berlangsung lebih dari 24 jam, buat larutan baru.

Sebagian besar kasus diare akan hilang atau sembuh setelah beberapa hari. Peran oralit adalah untuk membantu Anda mencegah terjadi dehidrasi selama diare, terutama pada anak-anak.

Jika ingin mengurangi gejala yang timbul akibat diare seperti kembung, mules, atau sering BAB, Anda dapat mengonsumsi obat diare Entrostop. Namun, tetap teliti dalam memilih obat diare dan jangan lupa ikuti anjuran pakai yang tertera pada label kemasan.

Jika penderita diare tidak kunjung menunjukkan pemulihan atau memperlihatkan gejala yang lebih serius, dianjurkan untuk melakukan kunjungan dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

 

 

Referensi:

Rehydrate.org. (2019). Oral Rehydration Salts Soluions – For Diarrhoea, Diarrhea, Diarrea, Dehydration and Oral Rehydration. https://rehydrate.org/solutions/

Our World in Data. (2019). Oral rehydration therapy: a low-tech solution that has saved millions of lives. https://ourworldindata.org/oral-rehydration-therapy

Government of Canada, Foreign Affairs, Trade and Development Canada. (2016). Oral Rehydration Solutions. Travel.Gc.Ca. https://travel.gc.ca/travelling/health-safety/rehydration

Epidemic Control for Volunteers. (n.d.). Preparing an oral rehydration solution (ORS). Retrieved July 6, 2020, from https://ifrcgo.org/ecv-toolkit/action/preparing-an-oral-rehydration-solution-ors/