Ini Dia Obat Alami untuk Anak yang Ampuh Hentikan Diare

Oleh Roby Rizki

Ini Dia Obat Alami untuk Anak yang Ampuh Hentikan Diare

Setiap kali anak mengalami gangguan kesehatan, Anda pasti khawatir dan ingin segera mencari jalan keluarnya secara cepat dan efektif. Salah satu kondisi kesehatan yang cukup sering dialami anak adalah diare. Ketika si kecil terus menerus buang air besar disertai feses yang cair, tubuhnya akan mudah kehilangan banyak cairan dan rentan menyebabkan dehidrasi.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi diare pada anak. Beberapa makanan, minuman, dan obat alami ini harus Anda tahu agar bisa secara efektif mengatasi diare pada anak.

Apa obat diare alami yang aman diberikan pada anak?

Sebagian besar kasus diare pada anak akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, anak perlu mengembalikan cairan yang hilang akibat buang air besar terus menerus. Menjaga cairan dalam tubuh si kecil berfungsi untuk mencegah dehidrasi. 

Upaya mengatasi diare dapat dimulai dengan memilih bahan alami dalam bentuk makanan, minuman, atau obat herbal sehingga tidak memberikan efek samping. Berikut beberapa di antaranya:

Larutan gula dan garam

Mendorong anak untuk mengembalikan cairan dalam tubuh dengan meminum air sebenarnya belum cukup untuk meredakan diare. Cairan yang tepat sebagai obat diare alami adalah minuman yang mengandung campuran dari elektrolit (garam) dan gula (karbohidrat).

Campuran ini dapat dibuat sendiri dengan bahan yang ada di rumah yaitu Larutan Gula Garam. Namun bahan tersebut saat ini sudah tersedia berupa bahan siap saji tinggal seduh yang kita kenal sebagai oralit. Oralit tersedia di apotek dan dijual dengan harga yang relatif murah.

ORS (Oral Rehidration Therapy) atau oralit merupakan pengobatan sederhana yang efektif mengatasi diare. Menambah asupan gula dan garam membantu tubuh meningkatkan proses penyerapan air. Ditambah lagi, oralit juga dapat mengembalikan ion dan molekul penting yang hilang akibat diare.

Makanan sebagai obat diare alami

Banyak orang tua yang membatasi jumlah makanan ketika anak sedang mengalami diare. Ternyata, para ahli sekarang ini percaya bahwa anak sebaiknya tidak mengurangi asupan makanan atau dianjurkan untuk makan seperti biasa.

Faktanya, American Academy of Pediatrics menyatakan sebagian besar anak harus makan secara normal termasuk mengonsumsi susu atau formula jika hanya mengalami diare ringan.

Namun ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari untuk si kecil yang sedang diare, seperti:

  • Minuman berkarbonasi
  • Jus buah dan minuman yang tinggi akan gula
  • Agar-agar

Namun, jika terdapat susu atau makanan yang memperparah gejala diare, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapat saran dalam mengubah pola makan anak untuk sementara. Obat diare alami untuk anak dapat berupa makanan yang tidak menyebabkan gejala diare lebih parah.

Sumber probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang telah terbukti dapat mencegah dan mengurangi durasi penyakit diare akut pada anak. Sebuah penelitian mendukung pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa bakteri “baik” (probiotik) ini dapat mempersingkat durasi diare akut pada anak kurang lebih satu hari lebih cepat.

Anda dapat memberikan si kecil tambahan probiotik dari sumber makanan atau minuman yang di fermentasi, seperti:

  • Yogurt. Minuman susu fermentasi satu ini merupakan sumber terbaik probiotik. Yogurt dapat membantu mengurangi diare pada anak, contohnya seperti diare yang disebabkan akibat efek samping dari antibiotik.
  • Tempe. Makanan yang sebagian besar orang kenal ini ternyata juga merupakan sumber probiotik.
  • Keju. Meski anak cenderung menyukai keju, tapi tidak semua jenis keju mengandung probiotik. Contoh keju yang mengandung probiotik adalah cheddar dan mozarella.

Probiotik juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Namun, suplemen mungkin akan sulit diberikan pada anak sehingga cara lebih mudah adalah dengan memberikan makanan kaya probiotik sebagai obat diare alami.

Obat diare alami sebenarnya terdapat pada makanan dan minuman yang mungkin secara tidak sadar sudah sering Anda dan si kecil konsumsi. Jika Anda tetap membutuhkan obat diare yang alami, pilih obat herbal dengan kandungan ekstrak tanaman herbal yang membantu meredakan diare secara efektif.

Obat diare herbal

Untuk membantu kesembuhan diare anak, dapat diberikan bahan alami yang sudah digunakan turun temurun dalam mengatasi diare.

Namun daripada repot meracik dan menyiapkannya saat ini sudah tersedia sirup diare berisi bahan herbal untuk mengatasi diare anak yaitu Entrostop Herbal Anak. Selain meredakan diare, Entrostop Herbal juga dapat menghangatkan tubuh dan mengurangi gejala diare seperti mules. Dapatkan Entrostop Herbal Anak di apotek terdekat!

 

 

Sumber:

When your child has diarrhea: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2016). Retrieved February 24, 2020, from Medlineplus.gov website: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000693.htm

Oral rehydration therapy: a low-tech solution that has saved millions of lives. (2019). Retrieved February 24, 2020, from Our World in Data website: https://ourworldindata.org/oral-rehydration-therapy

Diarrhoea in Young Children. (n.d.). Retrieved February 24, 2020, from conditions.health.qld.gov.au website: http://conditions.health.qld.gov.au/HealthCondition/condition/14/217/39/Diarrhoea-in-Young-Children

Does Your Child Need to Be on the BRAT Diet? (n.d.). Retrieved February 24, 2020, from Verywell Family website: https://www.verywellfamily.com/is-the-brat-diet-necessary-for-your-child-2633489

American College of Gastroenterology. (n.d.). Diarrhea in Children. Retrieved February 24, 2020, from American College of Gastroenterology website: https://gi.org/topics/diarrhea-in-children/

11 Probiotic Foods That Are Super Healthy. (n.d.). Retrieved February 24, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods#section11

Hitzeman, N., & Romo, C. (2011). Probiotics for Persistent Diarrhea in Children. American Family Physician, 84(1), 25–26. Retrieved February 24, 2020, from https://www.aafp.org/afp/2011/0701/p25.html

Huang, J. S., Bousvaros, A., Lee, J. W., Diaz, A., & Davidson, E. J. (2002). Efficacy of Probiotic Use in Acute Diarrhea in Children: A Meta-Analysis. Digestive Diseases and Sciences, 47(11), 2625–2634. https://doi.org/10.1023/a:1020501202369 Retrieved February 24, 2020, from https://www.researchgate.net/publication/11017929_Efficacy_of_Probiotic_Use_in_Acute_Diarrhea_in_Children_A_Meta-Analysis