5 Minuman yang Bisa Meredakan Diare

Oleh Manda

5 Minuman yang Bisa Meredakan Diare

Pertolongan pertama yang perlu dilakukan saat gejala diare menyerang adalah pemberian cairan. Tubuh perlu cairan pengganti agar menghindarkan Anda dari dehidrasi. Agar gejala lekas reda, ada beberapa minuman yang cocok dikonsumsi untuk atasi diare.   

Rekomendasi minuman untuk meredakan gejala diare

Diare perlu segera ditangani, karena dampaknya bisa berakibat pada risiko dehidrasi. Hal ini disebabkan banyak cairan tubuh yang terbuang dalam waktu yang singkat. Pada saat diare, terjadi peningkatan frekuensi BAB dengan tekstur feses 70 persen air. Belum lagi ada gejala muntah yang juga bisa menguras cairan tubuh. 

Kekurangan cairan membuat tubuh Anda terasa lemas. Karena cairan akan digunakan tubuh untuk menjalankan kerja organ. Pada kasus terburuk. dehidrasi dapat meningkatkan risiko komplikasi kejang, gangguan kerja jantung, gangguan ginjal, dan lainnya.

Tenang saja, hal ini bisa diantisipasi dengan konsumsi minuman yang menggantikan cairan tubuh saat diare.

1. Jus apel encer

Di balik rasanya yang enak, jus apel encer kerap menjadi pilihan minuman untuk atasi gejala diare. Biasanya, jus apel encer sering diberikan kepada anak yang alami diare untuk gantikan cairan yang hilang. Orang dewasa juga dapat minum jus encer untuk atasi gejala diare.

Beragam artikel di Science Direct menyebutkan jus apel memiliki kandungan pectin yang bekerja mengurangi gejala diare. Mengutip buku The New Healing Herbs, pectin merupakan serat larut air yang bekerja memadatkan feses dan membantu menormalkan pola BAB. 

Pectin berperan sebagai prebiotik yang mampu mendukung kerja bakteri baik di dalam usus. Pectin bantu melapisi dinding usus yang iritasi akibat bakteri penyebab diare, seperti Salmonella, E. Colli, dan lainnya.

2. Air kelapa

Rasa segarnya air kelapa juga menjadi minuman yang baik dikonsumsi untuk mengatasi diare. Air kelapa segar dan alami mengandung banyak elektrolit, seperti kalium, sodium, dan mangan.

Kandungan elektrolit ini bantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Saat Anda menemukan gejala diare, segera minum air kelapa agar tubuh kembali mendapatkan cairan yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko saat diare terjadi.

3. Larutan gula dan garam

Larutan air gula dan garam kerap menjadi minuman pilihan untuk bantu redakan gejala diare. Larutan ini biasa dikenal sebagai oralit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya langsung di apotek.

Oralit mudah dibuat dengan cara mencampurkan satu sendok teh gula dan seujung sendok garam ke dalam satu gelas air. Dalam jumlah banyak, Anda dapat mencampurkan enam sendok teh gula dan setengah sendok teh garam ke dalam satu liter air matang. 

Anda bisa meminumnya sebagai pengganti cairan yang hilang. Sebaiknya Anda konsumsi oralit setiap kali mengalami mencret kala diare. Lakukan ini sebagai cara pertama untuk atasi diare, agar Anda terhindar dari dehidrasi.

4. Air putih

Pada dasarnya, setiap orang perlu minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari. Termasuk dalam kondisi diare, air putih adalah minuman yang wajib dikonsumsi agar tubuh tak kekurangan cairan.

Sebelumnya dikatakan bahwa diare dapat memicu dehidrasi jika tubuh tak mendapat cairan pengganti. Diare membuat cairan tubuh terbuang dalam jumlah besar dalam sekali waktu.

Jaga tubuh tetap hidrasi selama Anda diare. Namun, pastikan Anda minum air putih matang dan bersih. Jika hendak membelinya, pastikan air putih tersegel sebagai tanda masih terjaga higienitasnya. Lakukan ini agar tak ada tambahan kuman penyebab diare yang masuk.

5. Kaldu 

Kaldu hangat, minuman pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat diare. Hangatnya kaldu dapat menyamankan rasa sakit perut sebagai cara mudah atasi diare.

Di samping itu, kaldu ayam mengandung elektrolit yang bantu melengkapi cairan tubuh yang hilang. Tak hanya itu, kaldu ayam dapat mengatasi peradangan di dinding usus akibat kuman penyebab diare.

Anda bisa memilih kaldu ayam ataupun kaldu sapi. Rebus tulang sapi atau ayam di dalam panci berisikan air. Rebus dengan api kecil selama 24 hingga 72 jam. Anda bisa menambahkan garam dan merica ke dalamnya.

Minum kaldu dan juga cairan lainnya. Lakukan ini hingga gejala mereda. Jika gejala kian parah dan tak membaik, segera periksakan diri ke dokter agar gejala segera teratasi.

Selain minuman, ini langkah tepat untuk tuntaskan diare

Setelah mengetahui daftar minuman yang baik untuk melegakan diare, jangan lupa untuk konsumsi obat diare. Minum Entrostop, untuk tuntaskan diare.

Entrostop memiliki kandungan aktif, yaitu pectin dan attapulgite. Keduanya bersinergi dalam menyerap dan membuang kuman penyebab diare, serta mengatasi gejala yang mengganggu.

Jangan lupa untuk membaca aturan pakai sebelum minum obat diare dan tetap jaga cairan tubuh. 

 

Referensi:

Dehydration – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/syc-20354086

Fluid and Electrolyte Balance: MedlinePlus. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://medlineplus.gov/fluidandelectrolytebalance.html

Apple Juice – an overview | ScienceDirect Topics. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://www.sciencedirect.com/topics/biochemistry-genetics-and-molecular-biology/apple-juice

Coconut water: Healthy drink or marketing scam?. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812

Oral Rehydration Solutions ORS Made at Home – Rehydration Project. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://rehydrate.org/solutions/homemade.htm

Diarrhea: Types, Causes, Complications & Treatment. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4108-diarrhea

EFBW: Why choose Bottled Water?. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://www.efbw.org/index.php?id=42

Diarrhea and Diet | Gastrointestinal Society. (2020). Retrieved 1 August 2020, from https://badgut.org/information-centre/health-nutrition/diarrhea-and-diet/

Bone Broth: Why It’s Good For You, How to Make It | Ochsner Health. (2018). Retrieved 1 August 2020, from https://blog.ochsner.org/articles/bone-broth-why-its-good-for-you-and-how-to-make-it

Castleman, M. (2001). The New Healing Herbs (p. 68). United States of America: RODALE

Duke, J. (2009). The Green Pharmacy Guide to Healing Foods. Pennsylvania: Rodale.