4 Jenis Makanan untuk Anak Diare

Oleh Amanda

4 Jenis Makanan untuk Anak Diare

Memberikan makanan untuk membuat nyaman perut anak yang diare perlu dilakukan secara tepat. Diare dapat membuat anak jadi enggan makan karena gejalanya yang mengganggu.

Diare dapat disertai dengan demam, sakit perut, mual, dan muntah. Ibu tak perlu cemas, ada makanan yang tetap enak dan nyaman untuk dikonsumsi si kecil yang mengalami diare.

Memerhatikan makanan untuk anak yang mengalami diare

Rasanya pasti sedih melihat anak yang tadinya aktif bermain, berlarian, dan bercerita apa saja, menjadi lebih murung dan tidak bersemangat karena ia diare.

Nafsu makannya pasti juga menurun karena gejala yang mengganggu ini. Ibu pasti akan memberikan perawatan yang terbaik untuk menangani diare pada anak. Salah satu caranya dengan mengatur menu makan anak.

Mungkin saja tak sedikit ibu membatasi asupan susu dan makanan pada anak yang mengalami diare untuk mengurangi gejala. American Academy of Pediatrics menganjurkan agar anak bisa makan seperti biasa, termasuk tetap minum susu saat mereka mengalami diare ringan.

Sementara itu, Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, merekomendasikan konsumsi makanan yang semipadat atau padat saat diare melanda anak.

Bagaimana dengan produk susu lainnya? Apakah masih boleh dikonsumsi? Nah, menurut laman Very Well Family, makanan seperti yogurt sangat direkomendasikan untuk menangani diare. Kandungan acidophius pada yogurt dapat membantu meredakan gejala diare. Namun, Anda harus menghindari produk susu lainnya.

Tak terlepas dari itu semua, ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mengatasi diare. Simak diet yang bisa ibu rekomendasikan untuk diare pada anak.

Rekomendasi makanan untuk anak yang mengalami diare

Sebelumnya telah dikatakan bahwa makanan padat dan semipadat masih dianjurkan untuk anak yang mengalami diare.

Namun, salah satu diet yang direkomendasikan adalah diet BRAT. yakni pisang (banana), nasi (rice), apel yang dihaluskan (applesauce), dan roti panggang (toast).

Untuk penjelasan manfaat dari makanan diare anak ini, ketahui poinnya di bawah ini.

1. Pisang

Buah yang kaya akan kalium ini wajib disertakan dalam makanan untuk anak diare. Tekstur pisang lembut dan mudah dicerna, sehingga memudahkannya untuk masuk ke dalam sistem cerna.

Pisang membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan dan mampu menggantikan cairan elektrolit yang hilang saat anak diare.

Pisang juga mengandung tinggi pektin, serat larut air (soluble fiber), dan tannin, sehingga dapat memadatkan kotoran

2. Nasi atau bubur

Makanan selanjutnya untuk meredakan diare adalah nasi atau bubur. Keduanya dapat dicerna dan memadatkan feses anak, sehingga BAB anak menjadi lebih padat.

Nasi putih dapat dikombinasikan dengan kaldu ayam. Makanan ini mampu menyamankan dan menghangatkan perut anak. Selain itu, kaldu ayam membantu pemenuhan asupan elektrolit dalam tubuh anak yang hilang.

3. Apel yang dihaluskan

Pilihlah apel yang dihaluskan dibandingkan dengan buah apel utuh. Karena apel yang dihaluskan juga membantu pasokan elektrolit anak yang hilang karena diare. Kulit apel sendiri mengandung serat yang tidak larut air sehingga akan memperburuk diare.

Pemilihan makanan untuk anak diare ini adalah hal penting, sebab beberapa makanan tertentu bisa menyebabkan sembelit.

4. Roti panggang

Roti panggang merupakan makanan yang disarankan untuk mengatasi diare. Roti panggang mengandung serat yang larut air.

Sama seperti makanan lainnya, roti juga dapat mengikat feses menjadi lebih padat. Namun, jangan hanya roti panggang saja, Anda bisa memberikan makanan lainnya seperti dada ayam, pretzel, telur yang lembut, maupun air kelapa. Makanan ini juga membantu pemenuhan nutrisi si kecil selama diare.

Jangan lupa konsumsi obat untuk atasi diare pada anak

Selain konsumsi makanan untuk diare, kembalikan senyum kecil dengan obat khusus untuk mengatasi diare. Anda bisa memberikan Entrostop Herbal Anak yang aman dikonsumsi dengan rasa jambu biji. Kemasan ini praktis sehingga ibu bisa siap sedia di mana dan kapan saja.

Entrostop Herbal Anak mengandung dua komponen utama attapulgite dan pektin. Keduanya berfungsi untuk memadatkan feses dan membantu penyembuhan sel usus besar yang rusak.

Mekanisme Entrostop Herbal Anak adalah dengan menyerap air yang berada di kotoran sehingga memadatkan feses, selain itu pektin sendiri menstimulasi pertumbuhan epitel usus besar sehingga membantu menghentikan gejala diare pada anak.

Anak bisa minum Entrostop Herbal Anak, diiringi dengan konsumsi makanan untuk diare. Sehingga perawatan bisa dilakukan secara optimal.

 

 

Sumber:

Caring for Kids. (2018). Dehydration and diarrhea in children: Prevention and treatment – Caring for Kids. Diakses 13 Desember 2019, dari https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/dehydration_and_diarrhea

First Aid: Diarrhea (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2018). Diakses 13 Desember 2019, dari https://kidshealth.org/en/parents/diarrhea-sheet.html

Fries, W. C. (2012, April 5). Diarrhea in Children: Causes and Treatments. Diakses 13 Desember 2019, dari https://www.webmd.com/children/guide/diarrhea-treatment#1-2

When your child has diarrhea: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2016). Diakses 13 Desember 2019, darihttps://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000693.htm