Apa Kandungan dalam Obat Herbal Diare yang Aman untuk Anak?

Oleh Roby Rizki

Apa Kandungan dalam Obat Herbal Diare yang Aman untuk Anak?

Semua orang, termasuk anak-anak dapat mengalami diare apabila diserang oleh virus atau bakteri di saluran cerna. Namun, terdapat perbedaan dalam mengatasi diare pada anak. Misalnya, beberapa obat diare tidak boleh diberikan pada anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Oleh karena itu, orang tua lebih baik memilih jenis obat herbal untuk mengatasi diare pada anak agar lebih aman. Obat herbal berbeda dengan obat diare biasanya karena mengandung bahan-bahan alami. 

Kandungan alami dalam obat herbal diare untuk anak

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi diare pada umumnya adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Dehidrasi merupakan komplikasi yang rentan terjadi ketika diare dan mungkin terjadi pada anak.

Lalu, penanganan diare selanjutnya dapat dilakukan dengan memilih obat diare yang biasanya dapat mudah didapatkan atau tersedia di apotek. Namun, Anda perlu memperhatikan kandungan obat diare, sekalipun obat herbal. 

Berikut beberapa bahan alami yang bermanfaat dalam membantu mengatasi diare pada anak:

Daun jambu biji

Mungkin sebagian besar orang belum tahu bahwa daun dari pohon jambu biji dapat digunakan sebagai teh dan diminum sebagai ramuan obat herbal yang dapat membantu meredakan diare. Dari penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak dari daun jambu biji berpotensi untuk mengobati diare.

Namun, untuk membuat teh ini secara manual tidak mudah. Selain tidak praktis, daun jambu biji pun tidak mudah untuk ditemukan. Untuk itu, Anda dapat memilih obat diare untuk anak yang mengandung ekstrak daun jambu biji.

Jahe

Minuman yang menggunakan jahe cukup banyak ditemukan dan Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Jahe berpotensi sebagai obat herbal diare dengan beragam manfaat seperti:

  • Menghangatkan perut dan sebagai tonik pada saluran cerna
  • Bersifat antiradang dan antibakteri
  • Analgesik
  • Sebagai antioksidan

Meminum olahan jahe bisa sekaligus mengembalikan cairan yang hilang karena diare. Manfaat jahe untuk diare telah dibuktikan oleh penelitian. Salah satunya penelitian di tahun 2015 yang menunjukkan bahwa jahe dapat mencegah mual, muntah, dan kejang perut.

Jahe dapat dikonsumsi secara mentah atau dijadikan teh. Akan tetapi, untuk mengatasi diare pada anak, cara tersebut akan sulit untuk diterapkan. Untuk itu, Anda dapat memilih obat herbal diare yang mengandung ekstrak jahe.

Daun teh

Selain daun jambu biji, daun teh yang sering Anda konsumsi juga bermanfaat baik untuk diare, terutama teh hitam. Teh dipercaya dapat secara efektif mengatasi diare sehingga digunakan sebagai obat herbal.

Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen dengan ekstrak teh hitam yang diberikan pada 120 anak terbukti dapat membantu memperbaiki volume, frekuensi, dan konsistensi dari buang air besar.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan ekstrak teh hitam dalam suplemen, tapi dengan meminum teh hitam juga manfaat yang didapat tidak jauh berbeda.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi diare karena memiliki kandungan curcumin. Senyawa ini telah terbukti memberikan manfaat untuk mengobati dan mencegah beberapa jenis kondisi kesehatan kronis. Beberapa manfaat kunyit adalah:

  • Mengurangi peradangan
  • Mengurangi rasa mual
  • Membantu mengurangi nyeri
  • Meningkatkan fungsi daya tahan tubuh

Kunyit dapat diolah menjadi teh, tapi anak mungkin akan menolak untuk meminumnya. Ekstrak kunyit dapat ditemukan dalam obat herbal diare yang lebih mudah dikonsumsi tapi tetap memberikan manfaat yang sama.

Apa obat herbal diare yang tepat untuk anak?

Semua tanaman herbal yang telah disebutkan dapat membantu mengatasi diare bagi semua kalangan usia. Namun, anak mungkin akan sulit mengonsumsi atau meminum olahan tanaman herbal secara langsung. Ditambah lagi, orang tua mungkin tidak akan sempat untuk mengolah dan mencari bahan-bahan ini.

Oleh karena itu, pilih saja Entrostop Herbal Anak yang mengandung semua jenis tanaman herbal di atas. Kandungan herbal dalam Entrostop Herbal Anak sudah terbukti empiris dari generasi ke generasi dalam mengatasi berbagai penyakit termasuk diare.

Dengan formulasi dan pengolahan yang baik, akan membantu efektivitas dan keamanan sediaan herbal ini sehingga tidak perlu khawatir kelebihan atau kekurangan dosis.

Selain lebih praktis, semua manfaat dari masing-masing kandungannya akan tetap dirasakan anak. Entrostop Herbal Anak aman digunakan untuk anak berusia enam tahun ke atas. 

 

 

Sumber:

Philadelphia, T. C. H. of. (2014, August 23). Diarrhea in Children. Retrieved February 23, 2020, from www.chop.edu website: https://www.chop.edu/conditions-diseases/diarrhea-children

Health benefits of guava: How to use it, nutrition, and risks. (n.d.). Retrieved February 23, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324758#diarrhea

Ginger for Diarrhea: Research, Dosage, and More. (n.d.). Retrieved February 23, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/ginger-for-treatment#uses

Tea for an Upset Stomach: 9 Types to Try. (n.d.). Retrieved February 23, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/tea-for-upset-stomach#section1

Turmeric and Ginger: Combined Benefits and Uses. (n.d.). Retrieved February 23, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/turmeric-and-ginger#pain-and-sickness-relief

Turmeric: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. (2019). Retrieved February 23, 2020, from Webmd.com website: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-662/turmeric