5 Makanan untuk Diare yang Aman Dikonsumsi

Oleh Amanda

5 Makanan untuk Diare yang Aman Dikonsumsi

Mungkin Anda kebingungan saat memilih makanan untuk meredakan diare. Apalagi diare menyerang ketika bekerja, sehingga perut terasa tidak nyaman. Padahal di saat yang sama ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.  

Jika Anda mengalami hal yang sama, ketahui cara mengatasi diare dan konsumsi beberapa makanan berikut agar diare lekas pulih.

Makanan untuk membantu meredakan diare

Hampir setiap tahun orang pernah mengalami diare. Kondisi ini umum terjadi, apalagi di musim hujan dan cuaca tidak menentu. Jika daya tahan tubuh menurun, ini akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan, salah satunya diare. 

Diare biasanya ditandai dengan sakit perut, kembung, BAB sering, dan feses berair. Cara yang biasa diterapkan untuk membuat tubuh lebih nyaman adalah dengan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi saat diare.

Namun Anda tetap perlu mengonsumsi makanan agar ada asupan nutrisi yang cukup meskipun sedang diare.

Berikut makanan untuk diare yang bisa dikonsumsi.

1. Makanan yang mudah dicerna

Nafsu makan turun pada orang yang mengalami diare. Meskipun selera makan turun, tubuh tetap membutuhkan asupan yang mudah dicerna sehingga keseimbangan nutrisi perlu dijaga. Makanan yang dikonsumsi harus mudah dicerna.

Rekomendasi makanan untuk diare, bisa dilihat sebagai berikut.

  • Nasi atau bubur
  • Kentang rebus
  • Roti panggang
  • Pasta

Makanan ini cenderung mudah dicerna dan memberi nutrisi pada tubuh. Hindari makanan yang diproses dan pedas, karena bisa mengiritasi usus. 

Jika tidak nafsu makan, Anda tetap bisa makan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering. Setidaknya ada makanan yang masuk ke dalam tubuh sebagai kekuatan.

2. Buah-buahan

Pilih makanan yang mudah dicerna dan baik untuk sistem pencernaan saat diare, misalnya buah pisang. Pisang memiliki sumber kalium yang baik dan memberikan elektrolit yang hilang karena diare.

Pisang merupakan sumber pectin, jenis serat yang larut air. Pectin mampu menyerap air dalam pencernaan, sehingga membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Selain pisang, Anda bisa mengonsumsi apel yang dihaluskan, bukan buah apel utuh. Apel yang dihaluskan juga mengandung pectin yang dapat meredakan gejala diare, seperti frekuensi BAB yang sering dan disertai feses yang encer. 

3. Makanan mengandung probiotik

Probiotik mengandung bakteri baik untuk sistem pencernaan manusia. Bakteri dalam probiotik berperan untuk melindungi usus dari serangan infeksi bakteri jahat atau virus. Dalam kasus diare, probiotik mengembalikan keseimbangan dalam usus Anda. 

Selain mencegah infeksi, probiotik juga melawan bakteri patogen dengan meningkatkan sistem imun. Saat berada di dalam usus, ia akan mengubah kondisi di dalam pencernaan agar lebih baik. Dengan begitu, sistem pencernaan dapat bekerja seperti semula. 

Makanan yang difermentasi biasanya mengandung probiotik untuk diare, terdiri dari di bawah ini:

  • Yogurt
  • Tempe
  • Kefir
  • Sup miso
  • Cokelat hitam

4. Sayuran

Makanan untuk sakit diare selanjutnya adalah beragam sayuran. Sayuran mengandung nutrisi penting. Meskipun sebagian sayuran lebih baik dikonsumsi mentah, tapi dalam kondisi diare ada baiknya sayuran dimasak terlebih dulu agar mudah dicerna oleh usus saat diare.

Anda bisa mengonsumsi sayuran seperti buncis, wortel, asparagus, zucchini (timun Jepang) yang dikupas, dan jamur. Sementara itu, ada beberapa makanan bergas yang wajib Anda hindari, seperti jagung, bunga kol, brokoli, kacang polong, paprika, dan sayuran berdaun hijau.

5. Kaldu

Kuah kaldu menjadi makanan yang terbaik di kala Anda sakit apapun, termasuk untuk diare. Kaldu dapat meredakan gejala diare dan membuat nyaman perut yang sakit.

Salah satu kondisi diare yang menyebabkan tubuh terasa lemas adalah tubuh kehilangan cairan. Tubuh terus mengeluarkan cairan saat frekuensi BAB terlalu sering dan feses yang cenderung berair. Kaldu dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, seperti sodium.

Lebih baik, menyantap kaldu dalam kondisi panas atau hangat untuk menstimulasi pergerakan sistem pencernaan untuk BAB.

Anda juga bisa menyantapnya bersama ayam, daging tanpa lemak, serta ikan. Makanan berprotein ini dapat dicerna secara mudah dan memberikan Anda tenaga ekstra saat diare.

Selain konsumsi makanan, pilih obat yang tepat untuk redakan diare

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda bisa mengonsumsi obat untuk diare. Pilih obat dengan kandungan attapulgite dan pectin. Kedua kandungan ini dapat mengatasi diare dan gejalanya.

Attapulgite bekerja dengan menyerap bakteri dan racun, serta mengurangi kehilangan cairan pada tubuh. Attapulgite juga membantu mengurangi frekuensi BAB, serta memperbaiki tekstur feses yang cair dan lembek. Gejala seperti sakit perut pun teratasi dengan kandungan ini.

Sementara itu, pectin mengandung sifat antidiare untuk mengurangi dan gejala diare, termasuk mengurangi seringnya BAB. Attapulgite dan pectin bekerja dengan fungsi tersebut, serta menghentikan diare.

Jangan biarkan diare merusak hari dan kegiatan Anda. Segera beli Entrostop untuk mengatasi diare di apotek terdekat.

 

 

Sumber:

Have Diarrhea? Here’s What You Should Eat to Heal Your Digestive System. (n.d.). Retrieved February 21, 2020, from Verywell Health website: https://www.verywellhealth.com/what-to-eat-for-diarrhea-1944822

Effect of extraction condition on properties of pectin from banana peels and its function as fat replacer in salad cream. Journal of Food Science and Technology, 54(2), 386–397. https://doi.org/10.1007/s13197-016-2475-6

Pectin. Retrieved February 21, 2020, from Drugs.com website: https://www.drugs.com/npp/pectin.html

Attapulgite (Kaopectate) Uses, Side Effects & Dosage. (n.d.). Retrieved February 21, 2020, from MedicineNet website: https://www.medicinenet.com/attapulgite/article.htm

Probiotics for Diarrhea: Benefits, Types, and Side Effects. (n.d.). Retrieved February 21, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-for-diarrhea

The 5 Most Effective Diarrhea Remedies. Retrieved February 21, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/digestive-health/most-effective-diarrhea-remedies

What to eat when you have diarrhea: A guide. (n.d.). Retrieved February 21, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320124#foods-to-eat

What to eat when you have diarrhea: A guide. (n.d.). Retrieved February 21, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320124#foods-to-eathttps://www.medicalnewstoday.com/articles/324930

When you have diarrhea: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (n.d.). Retrieved February 21, 2020, from medlineplus.gov website: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000121.html