Ini Daftar Buah yang Baik untuk Pulihkan Diare

Oleh Manda

Ini Daftar Buah yang Baik untuk Pulihkan Diare

Buah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Dalam kondisi diare, tidak semua buah bisa dikonsumsi. Selengkapnya, ketahui beberapa buah yang sebaiknya dan tidak dikonsumsi untuk orang yang sakit diare.

Hindari buah berserat tinggi saat diare

Pada kondisi badan normal, Anda dibolehkan makan buah apa saja dan diutamakan yang mengandung tinggi serat, agar sistem pencernaan lancar. Berbeda dengan kondisi diare, Anda tak disarankan mengonsumsi buah tinggi serat.

Sebagian buah yang berserat tinggi bisa memicu peningkatan gas dan kembung. Ini bisa memicu ketidaknyamanan pada sistem pencernaan, terutama bagi Anda yang sedang mengalami diare. 

Buah-buahan tinggi serat juga memicu pergerakan usus dan memicu lebih sering BAB. Mengutip laman University of Wisconsin Hospitals, berikut buah-buahan yang sebaiknya dihindari saat diare.

  • Alpukat
  • Blackberry
  • Pir
  • Jeruk
  • Rasberi

Untuk sementara, hindari dulu makanan tersebut dan beralih ke makanan yang mengandung banyak air dan rendah serat.

Rekomendasi buah untuk mengatasi diare

JIka diare menyerang, hal yang dibutuhkan adalah meredam gejala mulas dan keinginan BAB yang terus-menerus. Maka itu, Anda perlu memilih buah-buahan yang dapat bantu meredakan gejala diare.

Kebanyakan buah mengandung tinggi serat dan dapat memicu Anda jadi lebih sering BAB. Nah, untuk itu ketahui beberapa nutrisi dan buah-buahan yang dapat meredam gejala diare.

Pectin

Pectin, senyawa alami yang terkandung di dalam buah dan sering menjadi obat mengatasi diare. Pectin bekerja dengan melindungi dinding usus yang rusak karena bakteri penyebab diare, seperti Salmonella, E. coli, dan lainnya.

Disebutkan dalam buku Best Life & Health, secara umum pectin dapat meredam peradangan dan gangguan sistem pencernaan, termasuk meredam gejala sakit perut karena diare. 

Pectin sangat sering ditemukan di dalam apel dan dimanfaatkan untuk mengobati beragam gangguan pencernaan. Untuk mengatasi diare, ada baiknya apel dikupas, direbus, dan dihaluskan menyerupai bentuk bubur (apple sauce). Anda bisa mengonsumsi ini untuk membantu memulihkan sistem pencernaan.

Di samping apel, pisang juga mengandung tinggi pectin. Pectin dalam pisang bermanfaat untuk memadatkan feses di dalam saluran cerna dan bantu membentuk feses yang lebih padat. Selain itu, konsumsi pisang juga memperbaiki kesehatan bakteri pada usus sehingga menyehatkan sistem pencernaan.

Kalium

Tubuh biasanya kehilangan banyak kalium ketika mengalami diare. Kadar kalium yang rendah, membuat tubuh jadi terasa lemah. Kalium memegang peranan untuk membuat tubuh lebih bertenaga. Berikut buah-buahan tinggi kalium yang bisa dikonsumsi untuk orang yang sedang diare:

  • Pisang
  • Mangga
  • Nanas
  • Pepaya
  • Air kelapa

Berdasarkan jurnal Gastroenterology, pisang hijau dan konsumsi pectin memegang peranan penting untuk meredakan gejala diare di kalangan anak-anak. Peneliti mengatakan, pisang hijau dan pectin secara signifikan dapat mengurangi frekuensi BAB pada orang yang sakit diare. 

Meskipun penelitian dilakukan pada anak-anak, tentunya konsumsi juga bisa direkomendasikan ketika orang dewasa mengalami diare. 

Buah lain yang bisa disantap

University of Wisconsin merekomendasikan beberapa buah lainnya yang aman disantap saat Anda diare.

  • Nanas
  • Semangka
  • Buah persik

Hal yang harus diperhatikan sebelum makan buah

Penularan bakteri penyebab diare mungkin saja terjadi dari bahan makanan yang tidak dicuci bersih dan dimasak sampai matang. Agar bakteri jahat tidak lagi bertambah pada sistem pencernaan, jangan lupa cuci buah hingga bersih dengan air mengalir.

Setelahnya, jangan menyantap buah begitu saja. Saat diare, ada baiknya Anda mengupas kulit buah untuk mengurangi risiko masuknya bakteri pada sistem pencernaan. Dengan begitu, buah aman untuk disantap.

Jangan lupa minum obat diare

Selain mengonsumsi buah-buahan untuk mengatasi diare, jangan lupa minum obat khusus diare. Entrostop jadi salah satu pilihannya dalam menanggapi masalah diare. Kandungan attapulgite dan pectin di dalamnya bantu tuntaskan diare hingga ke akarnya.

Kedua senyawa aktif ini bekerja dengan menyerap kuman atau virus, mengeluarkan lewat BAB, serta menghentikan gejala diare. Entrostop dapat meredakan gejala mulas dan kembung saat diare. Oleh karena diare bisa menyerang kapan dan di mana saja, selalu sedia dan atasi diare dengan obat diare ini.

Jangan lupa perbanyak minum air mineral dan istirahat cukup agar tubuh segera pulih. Jaga tubuh dan jangan biarkan diare renggut produktivitas Anda.

 

 

Referensi:

Eating Hints to Help with Diarrhea. Retrieved 6 July 2020, from https://www.uwhealth.org/healthfacts/nutrition/323.pdf

IBS, U., & Us, C. (2018). Dietary Fiber. Retrieved 6 July 2020, from https://www.aboutibs.org/ibs-diet/dietary-fiber.html

Nutrition Strategies – IFFGD. (2019). Retrieved 6 July 2020, from https://www.iffgd.org/lower-gi-disorders/diarrhea/nutrition-strategies.html

Eating When You Have Diarrhea. (2015). Retrieved 6 July 2020, from https://www.breastcancer.org/tips/nutrition/during_treat/side_effects/diarrhea

Rabbani, G., Teka, T., Zaman, B., Majid, N., Khatun, M., & Fuchs, G. (2001). Clinical studies in persistent diarrhea: Dietary management with green banana or pectin in Bangladeshi children. Gastroenterology, 121(3), 554-560. doi: 10.1053/gast.2001.27178

Nutrition Tips For Controlling Diarrhea. (2020). Retrieved 6 July 2020, from https://www.ucsfhealth.org/education/nutrition-tips-for-controlling-diarrhea

Mukherjee, A. (2009). Healing with Food (3rd ed.). Mumbai: Ramdas Bahtkal

Hupli, H. (2010). Best Life & Health (2nd ed., p. 154). USA: Outskirt Press Inc.

Coconut water: Healthy drink or marketing scam?. (2020). Retrieved 23 July 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812#:~:text=Coconut%20water%20is%20popularly%20used,water%20as%20the%20coconut%20matures.