Bisa Bantu Cegah Dehidrasi. Ini Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Bisa Bantu Cegah Dehidrasi. Ini Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Belakangan ini banyak orang yang tertarik mengkonsumsi infused water. Selain menyegarkan, minuman ini punya banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk ampuh mencegah dehidrasi, membantu mempercepat metabolisme tubuh dan sejumlah manfaat lainnya.

Infused water pada dasarnya air mineral atau air minum biasa, hanya saja di dalamnya terdapat campuran irisan buah-buahan segar, sayuran rempah-rempah dan tanaman herbal. Setelah itu air yang sudah diberi campuran tersebut didiamkan selama satu malam, dan bisa dijadikan bekal besok hari.

Berikut beberapa manfaat rutin mengkonsumsi infused water

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Infused water mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain mencegah terjadinya sembelit, konsumsi infused setiap hari dapat membantu membersihkan usus, sekaligus menurunkan resiko diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan kondisi lainnya.

Selain itu, buah-buahan dan sayuran yang digunakan dalam infused water umumnya mengandung vitamin B kompleks yang dapat meringankan kinerja sistem pencernaan.

Karena punya rasa yang menyegarkan, infused water pun bisa jadi alternatif terbaik bagi mereka minuman instan.

2. Membantu Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Ada banyak dampak buruk yang bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Mulai dari kehilangan fokus, terganggunya metabolisme tubuh, kinerja organ tubuh menjadi tidak maksimal, hingga (dalam kondisi parah) bisa menyebabkan kematian.

Seperti dijelaskan di atas, infused water pada dasarnya air minum biasa yang diberi bahan-bahan tambahan.

Dengan mengkonsumsi infused water, tubuh akan terhidrasi dengan baik, kinerja organ tubuh jadi lebih maksimal, dan resiko dehidrasi pun akan menurun.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah untuk membuat infused water dari buah-buahan sitrus, seperti lemon dan jeruk nipis.

Buah-buahan tersebut dikenal luas sebagai salah satu bahan alami yang ampuh membantu menurunkan berat badan.

Infused water yang diberi tambahan buah sitrus akan membantu mengurangi asupan kalori harian Anda dengan menjaga perut tetap kenyang sehingga secara makan bisa dikendalikan.

Manfaat infused water ini jauh lebih baik ketimbang teh dan kopi yang kerap diberi tambahan gula.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi, tapi juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Sementara buah-buahan yang digunakan dalam infused water berperan sebagai antioksidan untuk menghambat penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan buah-buahan dengan kandungan antioksidan tinggi, seperti jeruk, kiwi, stroberi, apel, dan tomat sebagai bahan campuran dalam infused water. Jangan lupa, buah dalam infused water juga bisa dimakan juga lho!

5. Membantu Proses Detoksifikasi

Tubuh secara alami dilengkapi dengan sistem pembuangan racun dan zat limbah lewat sistem ekskresi dengan salah salah satu komponen utamanya organ ginjal.

Setiap hari, ginjal bekerja keras menyaring zat limbah dan racun yang dibawa oleh darah, kemudian dibuang lewat urine.

Dengan rutin konsumsi infused water, kinerja ginjal dalam menetralisir racun dan zat limbah akan semakin ringan, sehingga proses detoksifikasi berjalan lebih maksimal.

Tidak hanya itu, organ ginjal Anda pun akan lebih sehat, dan tubuh bisa terbebas dari racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Cara Membuat Infused Water

Seperti dijelaskan di atas, infused water pada dasarnya air mineral biasa yang diberi campuran buah-buahan, sayuran, rempah-rempah atau tanaman herbal.

Anda juga bisa mengkombinasikan bahan-bahan tersebut, misalnya buah-buahan dengan tanaman herbal, dan lainnya.

Cara membuatnya, cuci bersih bahan-bahan yang akan digunakan sebagai infused water, kemudian iris tipis-tipis.

Masukkan kedalam botol air minum yang sudah terisi air, dan simpan dalam lemari es selama 8-12 jam atau selamalam.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan botol khusus infused water yang bisa dibeli di toko online atau toko souvenir terdekat. Pilih botol yang dapat menampung sekitar 1-1.5 Liter air.

Referensi:
  1. WebMD. Diakses pada 2021. Are There Health Benefits to Drinking Infused Water?
  2. True Citrus. Diakses pada 2021. Why is it Healthy to Drink More Fruit Infused Water?
  3. Allrecipes. Diakses pada 2021. What are the Real Health Benefits of Infused Water?