Bahan dari Alam Untuk Diare Akut

Bahan dari Alam Untuk Diare Akut

Penyakit yang sering terjadi pada tubuh kita salah satunya adalah diare. Beragam penyebab yang dapat , datangnya penyakit ini.

Akibat bakteri, virus, penyakit yang menjadikan diare sebagai penyakit penyerta, alergi terhadap makanan tertentu hingga mengkonsumsi makanan yang salah menjadi salah satu faktornya.

Berdasarkan durasi penyakit yang diderita, diare terbagi menjadi 2 yaitu

  1. Diare akut : ketika diare terjadi secara mendadak kita mengalami buang air lebih dari 3 kali dalam 24 jam dan berlangsung tidak lebih dari 14 hari
  2. Diare Kronis : berbeda dengan jenis sebelumnya, diare ini berlangsung lebih dari 14 hari. Diare ini juga disebut diare persisten.

Penanganan Diare Akut dengan Bahan Herbal Alami

Beberapa jenis herbal banyak digunakan orang untuk membantu meredakan penyakit diare secara tradisional.

Orang kadang cenderung memilih obat herbal alami karena dipercaya lebih aman dengan efek samping yang lebih kecil kemungkinannya dibandingkan dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Terlebih, bahan alami yang digunakan sebagian besar akan aman dikonsumsi pada ibu yang sedang hamil.

Air Kelapa Muda

Mengandung elektrolit serupa yang ada pada tubuh kita (isotonik) dan kaya akan mineral. Jika dikonsumsi, air kelapa mampu mengganti mineral yang hilang pada tubuh dan mampu meng-rehidrasi cairan yang hilang ketika dehidrasi.

Kandungan bikarbonat, klorida dan natriumnya terbilang rendah meskipun kalium dan glukosa pada air kelapa muda terbilang cukup.

Agar mineral yang diperlukan tubuh bisa terpenuhi kembali, kita harus menambahkan sedikit garam pada air kelapa muda ketika akan dikonsumsi. Cairan ini juga dipercaya dapat menetralisir racun, sehingga mampu membantu tubuh kita untuk pulih lebih cepat.

Jahe

Sejak ratusan tahun silam, dunia kesehatan dari Timur sudah mempergunakan jahe sebagai obat Pereda diare. Herbal yang berbentuk rimpang ini biasa dijadikan tonik untuk kesehatan pencernaan dan sistem pencernaan. Perut yang melilit akibat diare dapat ditenangkan dengan mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman (wedang) atau teh jahe yang dicampur madu atau lemon sebagai penambah rasa.

Hal ini dimungkinkan karena jahe mengandung antioksidan dan bersifat anti nyeri, anti bakteri dan anti radang. Memiliki kandungan antioksidan dan bersifat anti radang, anti nyeri, anti bakteri, dan sehingga jahe bisa menenangkan perut yang melilit akibat diare.

Air Putih Matang

Saat diare berlangsung tubuh kita banyak mengeluarkan cairan melalui feses dan muntah.
Untuk pengobatan dan menghindari dehidrasi kita harus mengkonsumsi banyak air putih yang sudah dididihkan terlebih dahulu .

Oralit buatan rumahan

Bukan hanya cairan yang keluar ketika menderita diare. Minerat dan nutrisi makanan juga ikut terbuang. Kita perlu juga mengkonsumsi oralit selain air putih untuk mengganti elektrolit dalam tubuh.

Oralit terdiri dari garam yang berguna untuk menahan cairan yang tersimpan di dalam tubuh. Dan gula yang berfungsi untuk membantu penyerapan garam oleh tubuh kita. Dengan begitu kondisi kita tidak semakin parah karena diare.

Kita dapat melarutkan ½ sendok teh garam yang dicampur dengan 6 sendok teh gula ked ala 1 liter air sebagai pengganti oralit jika di kotak obat rumah kita tidak tersedia.

Lada Putih

Mengkonsumsi makanan pedas ketika perut sakit memang sangat tidak dianjurkan. Untuk rempah yang satu ini mungkin kita dapat mengecualikannya. Pada sebuah penelitian menunjukkan pasien anak usia di bawah 2,5 tahun dan bayi yang diberikan lada putih yang sudah disangrai efektifitas kesembuhannya lebih tinggi.

Pada lada terdapat kandungan zat piperine yang dinyatakan berguna untuk mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit pada tubuh pasien.

Buah pisang

Buah tropis ini kaya akan kandungan kalium. Jika kita dapat mengganti elektrolit yang hilang akibat diare dengan mengkonsumsi buah ini.

Kandungan serat dan pektin pada pisang bisa membantu penyerapan cairan dalam usus. Dengan begitu feses yang kita keluarkan menjadi tidak berair dan lebih padat.

Secara general diare muncul karena adanya bakteri jahat atau virus dalam sistem pencernaan . Cara-cara di atas merupakan cara sederhana yang dapat dicoba ketika diare akut terjadi. Bahan-bahan alami yang dianjurkan berefek samping sangat kecil atau bahkan tanpa efek samping sama sekali.

Jika diare yang diderita tidak kunjung mereda, kita juga bisa membeli obat diare yang beredar bebas di pasaran, seperti Entrostop yang sudah tersedia juga dalam sediaan herbal dengan kandungan jahe, daun teh, dan daun jambu biji . Namun jika tidak membaik kunjungi dokter untuk penanganan diare secara menyeluruh.

Referensi :

  1. E. Ernst* and M. H. Pittler (2000). Efficacy Of Ginger For Nausea and Vomiting A Systematic Review Of Randomized Clinical Trials. Retrieved 20 May 2021
    https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10793599/
  2. Am J Chin Med. (2013). Stir Fried White Pepper Can Treat Diarrhoea In Infants and Children Efficiently A Randomized Controlled Trial. Retrieved 20 May 2021
    https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23895150/